Perbedaan Daun Bergigi dan Bergerigi

September 23rd, 2016

Tipe tipe tepi daun, tidak hanya pohonnya yang memiliki tipe, bahan tepi daun pun juga memiliki beberapa macam. Jika dilihat dari garis besar maka tepi daun dibedakan menjadi dua macam.

Yang pertama tepi daun yang berbentuk rata dan yang kedua tipe daun yang berbentuk bertoreh. Tepi daun yang memiliki bentuk bertoreh sangat beraneka ragam sifatnya.

Dan di golongkan menjadi dua, ada yang bergerigi atau yang disebut (serratus)bergerigi ganda (biserratus), bergigi (dentalus),berringgit (crenatus), berombak (repandus), yang merupakan golongan toreh merdeka.

Sedangkan yang kedua merupakan toreh yang mempengaruhi bentuk daun. Seperti berlekuk (lobatus), bercangap (fissus), dan berbagi (partitus).

Tepi daun dengan toreh yang merdeka.

  • Bergerigi (serratus)

Daun dengan tipe bergerigi memiliki bentuk sinus dan angulis yang sama sama lancip seperti daun lantana

  • Bergerigiganda (biseratus).

Daun yang memiliki tipe ini memiliki model yang sama dengan yang bergerigi, tapi memiliki angulus yang cukup besar dan bagian tepinya memiliki grigi lagi.

  • Bergigi (dentatus).

Daun yang tepinya memiliki tipe seperti ini memiliki sinus yang tumpul tapi angulusnya lancip, seperti daun luntas.

  • Beringgit (crenatus)

Beringgit merupakan tepi daun yang memiliki sinus lancip dan angulus tumpul. Yang merupakan kebalikan dari bergerigi seperti daun cocor bebek

  • Berombak (repandus)

Seperti daun air mata pengantin dibawah ini yang memiliki bentuk tepi berombak. Karena sinus dan angulusnya tumpul.

Tipe daun yang bertoreh mempengaruhi daunnya.

  • Berlengkuk (lobatus)

Tepi daunnya berlekuk lekuk sesuai tulang daunnya. Seperti daun terong. Merupakan berlekuk menyirip (pinnatilobus).

Ada juga berlengkuk menjari. Seperti daun jarak pagar, yang mempunyai tepi daun berlekuk menjari. (palmatilobus)

  • Berbagi (partitus)

daun ini memiliki tepi yang berbagi dengan tulang daunnya. Seperti daun kenikir dibawah ini yang merupakan berbagi menyirip(pinnatipartitus).

Berbagi menjari (palmatipartitus) dimana daun ini memiliki bentuk tepi berbagi dan menjari seperti bentuk tulang daunna, seperti contoh daun papaya.

  • Bercangap (fissus).

Tepi daun ini bercangap. Daun keluwih adalah contoh daun yang bercangap danjuga bersirip atau disebut bercangap menyirip(pinnatifidus).

Dari tugas Pak Atus yaitu mencari perbedaan daun bergerigi dan bergigi, perbedaan daun bergerigi dan bergigi yaitu pada sinus dan angulusnya. Dalam penjelasan diaatas juga dijelaskan tentang tipe daun yang lain untuk melengkapi tentang penjelasan daun bergerigi dan bergigi.

Tags:

Leave a Reply