Daun Majemuk, Tunggal dan Berkarang

September 30th, 2016

Tugas Kuliah Fitogeografi

Web : http://atus.staff.ugm.ac.id/

Daun adalah bagian penting dari tanaman yang merupakan tempat tanaman melakukan fotosintesis. Terdapat penggolangan daun seperti jumlah, letak daun, dan lain lain. Daun tunggal dan daun majemuk merupakan salah satu penggolangan daun sesuai dengan jumlah tangkai daun pada batangnya. Sedangkan Daun Duduk Berkarang adalah salah satu penggolangan daun dari tata letak daun pada batangnya.

Daun Tunggal (folium simplex)

Daun ini hanya memiliki satu helaian daun saja pada tangkai daunnya. Contohnya daun Jambu air (Syzygium aqueum) Image result for nama ilmiah jambu air

Daun Majemuk (folium compositum)

Pada daun ini, tangkai daunnya bercabang-cabang. Cabang daun yang ada lebih dari satu. Helaian daun muncul pada cabang tangkai daun. Contohnya daun kelor (Moringa oleifera).

Daun Duduk Berkarang

Daun Duduk Berkarang berarti dalam helaian daun terdapat 3 yang terdapat pada tangkai daun dimana salah satu helaian daun terdapat dalam ketiak daun. Contoh daun duduk berkarang adalah allamanda (Allamanda cathartica).

jadi perbedaan Daun tunggal, Daun majemuk, dan Daun duduk berkarang. Dari pengertian diatas bahwa daun tunggal majemuk digolongkan berdasarkan jumlah helaian daun sedangkan daun duduk berkarang  digolongkan berdasarkan letak pada ketangkaian.

Krisna Adi Gumilar

16/398333/KT/08328

Tags:

Leave a Reply